Jumat, 22 Juli 2011

Filled Under:

MUNAS DAN RAKERNAS V IBEMPI DI UNS

Share
HIDUP MAHASISWA.!!!!!

Layaknya organisasi lain pada umumnya, dalam melakukan pergerakan-pergerakan yang menuju pada sebuah perubahan ke arah yang lebih baik diperlukan adanya sebuah regenerasi. Mengacu pada jiwa-jiwa muda yang penuh akan semangat tinggi patut untuk diaplikaskan secara optimal, tentu guna mencapai tujuan utama secara optimal pula. Untuk itu adanya pergantian dan perubahan sruktur organisasi perlu dilakukan.


Begitu pula dengan Ikatan BEM Pertanian Indonesia atau disingkat IBEMPI, yang mana merupakan wadah pemersatu BEM-BEM Fakultas Pertanian se-Indonesia dalam pergerakannya menju Pertanian Indonesia yang lebih baik, pun perlu akan regenerasi kepengurusan tersebut. Pergantian struktur kepengurusan ini dilakukan pada setahun akhir kepengurusan sebelumnya dalam rangkaian acara Musyawarah Nasional V IBEMPI (Munas V IBEMPI).

Tertanggal 30 Juni sampai 4 Juli 2011 lalu, berdasarkan hasil kesepakatan Munas IV IBEMPI satu tahun kebelakang di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) menjadi tuan rumah untuk berlangsungnya acara Munas V IBEMPI tersebut, berbarengan dengan perevisian AD/ART, GBHO dan MKO yang dilakukan 5 tahun sekali. Sejarah pun kembali tertoreh, 5 orang plopor perubahan kembali terpilih untuk mengemban amanah kepengurusan selama satu tahun kedepan yang dikenal sebagai Presidium Nasional (Presnas) periode 2011-2012. Adapun kelima Agent of Change terpilih itu adalah:

1. Tio Nugroho dari Universitas Brawijaya (UB);
2. Irfan Irianto dari Universitas Jendral Soedirman (UNSOED);
3. Putri Irene Kanny dari Univeritas Sriwijaya (UNSRI);
4. Muhammad Sigit Susanto dari Institut Pertanian Bogor (IPB); dan
5. Abdul Azis dari Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Fokus kerja dari ke-5 Presnas tersebut berbeda satu dengan yang lainnya, fokus Presnas 1 adalah sebagai pusat koordinasi; Presnas 2 adalah dalam kaderisasi; Presnas 3 adalah dalam perapihan berkas dan administrasi; Presnas 4 adalah dalam kajian dan strategi; dan selanjutnya Presnas 5 adalah fokus pada segi Informasi dan Komunikasi. Dengan dilantiknya ke-5 Presnas diatas semoga dapat menjalankan amanahnya dengan lebih baik, sehingga Pertanian Indonesia semakin membaik. Pun dengan dibantu oleh para Staff ahli dari masing-masing Presnas.

Mengacu pada AD/ART IBEMPI yang baru direvisi saat MUNAS V ini pada pasal 12 tentang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ayat 3 berisi “Rakernas dilaksanakan setelah terbentuknya presnas”. Maka Rakernas pun dilaksanakan usai pelantikan ke-5 Presnas.

“IBEMPI adalah organisasi untuk rakyat, sebagaimana slogan yang dikumandangkan (Mengabdi Untuk Rakyat_Red), maka seyogyanya harus menciptakan kebermanfaatan bagi rakyat Indonesia”. Ungkap Imron, salah satu deklarator IBEMPI yang diperdengarkan melalui Handphone. “Advokasikan permasalahan pertanian di Indonesia pada Pemerintah, pun bila perlu adakan Aksi Solidaritas Momentum Permasalahan Pertanian. Dengan begitu semoga Pemerintah akan terketuk dan Pertanian di Indonesia akan semakin membaik”. Sambungnya.

Teleconference by phone ini dilakukan atas permintaan dari salah satu Presnas periode sebelumnya yang telah demisioner sebelum beranjak ke Agenda Rakernas. Sebuah pesan yang singkat namun cukup berat,karena itu merupakan sebuah amanah yang harus dilaksanakan meski hanya sebatas kemampuan yang dimiliki. Pun sebelum masuk ke Agenda Rakernas dilakukan pemilihan Koordinator Wilayah yang bertugas mengkoordinir wilayahnya masing-masing yang terbagi dalam 4 wilayah yaitu, wilayah Jawa, Wilayah Sumatra, Wilayah Kalimantan dan wilayah Nusa Tenggara. Dan terplih 1 orang dari masing-masing wilayah sebagai penanggung jawab,yaitu:

1. Koordinator wilayah Jawa : Anwar dari Universitas Negeri Sebelas maret (UNS);
2. Koordinator wilayah Sumatra : Megawati dari Universitas Sriwijaya (UNSRI);
3. Koordinator wilayah Kalimantan : Arhyan dari Universitas Mulawarman (UNMUL); dan
4. Koordinator wilayah Nusa Tenggara : Aziz dari Universitas Mataram (UNRAM).


Badan Pengawas Organisasi (BPO) terpilih yaitu :
1. Ahmad Burhan Rifa'i dari UNS
2. Rofi Romadona Iyoega dari UNRAM
3. Jaswandi dari UNRI
4. Dwi Mustika dari UNSOED
5. Ayu Tantri Anggraini dari UNSRI
6. Arif Ravi Wibowo dari IPB

Pun dengan terpilihnya staff ahli yang akan membantu setiap Proker pada masing-masing Presnas, tentu sangat diharapkan adanya koordinasi yang baik antar semua belah pihak, agar terjalin keharmonisan dalam pergerakannya menuju Pertanian Indonesia yang lebih baik. Program Kerja IBEMPIhasil daripada Rapat Kerja Nasional IBEMPI terangkum dalam 5 Program utama, yaitu:

1. Legalisasi dari Dinas Pendidikan Tingkat tinggi;
2. Gebyar Pertanian dan Pelatihan Bina Desa Nasional;
3. Perapihan Administrasi dan Pembuatan Buku Pedoman dan Administrasi Keuangan;
4. Aksi penyikapan isu Pertanian;dan
5. Pengelolaan Media Informasi (Blog, Facebook, Twitter dan Website).

HIDUP PERTANIAN.!!!
IBEMPI MENGABDI UNTUK RAKYAT.!!!
sumber :http://ikatanbempertanianindonesia.blogspot.com/2011/07/munas-dan-rakernas-v-ibempi.html

0 komentar:

Posting Komentar