Minggu, 26 Juni 2011

Filled Under:

GUBERNUR DATANG,MAHASISWA AKSI

Share
Kedatangan Gubernur Sumatera Selata (Sumsel) Ir. H. Alex Nurdin, beserta rombongan ke Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) dalam menghadiri acara wisuda ke- 99 yang merupakan wisuda keempat tahun akademik 2010/2011 digedung Auditorium Unsri, di sambut aksi demonstrasi puluhan mahasiswa Unsri yang tergabung dalam Bada Eksekutif Mahasiswa (BEM).
Para mahasiswa menuntut agar Lima Gugatan Mahasiswa (LIGA Mahasiswa) yang sempat diajukan beberapa waktu lalu di Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera ditindaklanjuti. Lima gugatan tersebut yakni berantas mafia anggaran di Sumsel, hentikan pembangunan RS Siloam, tinjau kembali program berobat dan sekolah gratis, stop penjualan aset-aset daerah dan prioritaskan pembangunan sektor layanan publik.
Pantauan dilapangan, para mahasiswa dengan membawa atribut aksi seperti spanduk yang berisikan “Liga Mahasiswa”, poster, bendera serta beberapa atribut aksi lainnya bergerak dari kantor Sekretarian BEM Unsri menuju Gedung Auditoroum Unsri yang berada tidak jauh dari kantro sekretarian BEM.
Para mahasiswa bergerak dengan meneriakan yel-yel sehingga mengundang perhatian mahasiswa lainnya. Selain itu juga, para orang tua mahasiswa yang sedang menghadiri acara wisuda nampak terkejut dengan kehadiran mahasiswa dalam melakukan aksi.
Didepan gedung Auditorium, para mahasiswa terus meneriakan yel-yel dan menuntut agar gubernur segera keluar untuk memenui mahasiswa. Selelah melakukan aksi selama hampir satu jam, akhirnya, gubernur bersedia menemui para pahasiswa.
Sempat terjadi ketegangan antara para mahasiswa dengan petugas kampus maupun pengawal gubernur saat koordinator aksi yang juga Presiden Mahasiswa (Presma) Unsri, Dedi Susanto terus berorasi yang ongein merebut mikrofon meskipun gubernur sudah hadir. Nampak diraut wajah gubernur sedikit berang dengan aksi yang dilakukan mahasiswa.
Alex Nurdin, didepan peserta aksi mengungkapkan, tuntutan mahasiswa yang diajukan beberapa waktu lalu sudah diterima dan akan dievaluasi.”Saya sudah terima semua, nanti akan kami evalusasi. Untuk itu, kami meminta agar para mahasiswa tidak berburuk sangka. Kita akan tindaklanjuti,” ujarnya.
Selain itu, lanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait dan akan mengagendakan pertemuan antara para mahasisawa dengan pihak pemprov.”Kita atur waktu untuk mengadakan pertemuan, kita akan koordinasikan dulu,”katanya dan langsung meninggalkan pengunjuk rasa.
Koordinator aksi, Dedi Susanto saat diwawancarai mengatakan, tidak sependapat dengan apa yang disampaikan gubernur.  Pihaknya menilai, penyampaian tersebut tidak sama sekali menyentuh permasalahan yang sedang dibicarakan.”Kami tidak sependapat dan kurang puas. Buktinya, saat kami menanyakan lima gugatan mahasiswa, gubernur tidak menjawabnya,” ujarnya dengan nada tinggi.
Dengan demikian, lanjutnya, para mahasiswa se Sumsel yang sebelumnya sudah mendeklarasikan diri di Pemprov akan terus mengawal lima gugatan tersebut hingga tuntutannya terpenuhi.”Kita akan terus kawal sampai dipenuhi. Jika tidak, BEM se Sumsel akan turun ke jalan dan akan melakukan aksi yang lebih besar lagi,” tegasnya.
Usai melakukan aksi, para mahasiswa bubar dengan tertib. Meskipun aksi tersebut tidak mendapat pengawalan patugas kepolisian Polres OI, aksi berjalan tertib dan lancar.
Untuk diketahui, wisuda ke- 99 yang merupakan wisuda keempat tahun akademik 2010/2011, diikuti oleh 1.225 wisudawan yang terdiri dari 528 mahasiswa yang mengikuti kuliah di Unsri Palembang dan 727 orang mahasiswa yang mengikuti kuliah di kampus Unsri Indralaya.
Adapun jumlah peserta Wisuda ke-99 berdasarkan jenjang program adalah, untuk Program Pascasarjana terdiri dari 154 orang, Program Sarjana 958 orang dan Program Diploma 143 orang. Selain itu, dari 1.255 peserta wisuda hanya 137 orang yang mendapatkan predikat lulus dengan pujian.
Selain Gubernur Sumsel, Alex Nurdin, wisuda tersebut dihadiri Wabup OI, Daud Hasyim serta para tamu undangan. Acara wisuda dipimpin oleh Prof Dr Badia Perizade, didamping pembantu rektor, dekan dan jajarannya.
Sumber Indowarta

1 komentar:

  1. Good Job..!
    massa terbanyak berasal dari punggawa BEM FAPERTA BERKOBAR....!!!

    kEEP Our SpIriTT... ^_^

    GUBMA FP UNSRI

    BalasHapus