Selasa, 29 November 2011

Filled Under:

Selamat! Indonesia Menjadi Juara Ke-3 Kompetisi Poster World Standards Day 2011

Share

Sebagaimana dilansir dari Majalah ISO FOCUS edisi September 2011, Indonesia menjadi Juara Ke-3 dalam Kompetisi Poster World Standards Day 2011 yang diselenggarakan oleh World Standards Cooperation (WSC) yang anggotanya terdiri dari International Organization for Standardization (ISO), International Electrotechnical Commission (IEC), dan International Telecommunication Union (ITU).
Juara 1 adalah Caterina Fiorani (Italia); Juara 2 adalah Tim yang terdiri dari Eurydice Avoine, Cornell Gorgas, Thibaud Cherdan, Alexandra Schoenitz (Perancis/Jerman); Juara 3 adalah Teguh Adi Nugroho (Indonesia); dan Juara 4 adalah Eva Kohl (Jerman).

Peserta kompetisi dari Indonesia adalah Teguh Adi Nugroho, Karyawan Badan Standardisasi Nasional (BSN). Teguh menjelaskan bahwa konsep poster yang ia buat sesuai dengan tema Hari Standar Dunia 2011 yaitu “International Standards – Creating confidence globally”. Dia menggambarkan seorang yang berlari sambil memegang dokumen standar di track mulus yang ujungnya tak terhingga. Menurut Teguh, posternya memiliki makna, pengguna akan menjadi confidence dalam menjalani bsinis saat ia menggunakan standar internasional. Hal ini dikarenakan, ketika suatu produk atau jasa sesuai dengan standar internasional, maka faktor-faktor seperti kualitas, keamanan, keselamatan, kesehatan serta pelestarian lingkungan akan lebih terjamin menuju kontinuitas dan berkelanjutan.
Kepala BSN, Dr. Bambang Setiadi atas nama BSN secara langsung mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh Teguh. Teguh mengaku senang sebab waktu pengerjaan poster tersebut hanya satu hari dikarenakan batas waktu pengiriman yang hampir terlambat.
Setiap tahunnya WSC menyelenggarakan Kompetisi Poster World Standards Day (WSD) yang terbuka untuk umum di seluruh dunia. WSC bahkan memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter untuk menjaring peserta. Pendaftaran kompetisi ditutup pada 30 April 2011. Ada 45 peserta yang mendaftarkan posternya tahun ini. Panitia memilih 10 finalis yang posternya dipasang di website WSC dan di vote secara online oleh siapa saja di seluruh dunia untuk menentukan juaranya. Tercatat ada 2000 orang yang melakukan voting atas lomba ini.

World Standards Day atau Hari Standar Dunia sendiri diperingati tanggal 14 Oktober setiap tahunnya

0 komentar:

Posting Komentar