Minggu, 26 Juni 2011

Filled Under:

Kementerian Pertanian Terima Penghargaan Juara 1 Kategori Lembaga Pemerintah, Institusi Riset Dan Lsm Di Pameran Pekan Lingkungan Indonesia Tahun 2011

Share
Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, Kementerian Negara Lingkungan Hidup secara berkesinambungan sejak tahun 1995 selalu memperingatinya, dan sejak 1996 diadakan event pameran. Penyelenggaraan Pameran Pekan Lingkungan Indonesia 2011, merupakan event nasional yang dilaksanakan dalam rangka pameran prestasi dan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang dilakukan oleh Kementerian, Lembaga Pemerintah, Non Kementerian, Pemerintah daerah, BUMN, Perusahaan Nasional dan Multi Nasional, Lembaga Nasional dan Internasional, LSM dan Perguruan Tinggi. 

Pameran ini merupakan Implementasi dari pengelolaan, perlindungan dan pelestarian sumber daya alam yang akan mengubah pandangan masyarakat dan para pemangku kepentingan yang selalu beranggapan bahwa sumber daya alam merupakan sumberdaya alam yang tidak terbatas. Kesempatan penting untuk menampilkan prestasi dan program tata kelola lingkungan yang telah dilaksanakan oleh pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Pusat.

Keikut sertaan Kementerian Pertanian di Pameran Pekan Lingkungan Indonesia ke 15 tahun 2011, selain untuk memvisualisasikan pertanian ramah lingkungan penyangga kehidupan, juga sebagai sarana informasi kepada masyarakat luas mengenai visi dan misi Kementerian Pertanian berkaitan dengan pembangunan pertanian ramah lingkungan yang berkelanjutan dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim dan penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Syukur Alhamdulillah, dalam pameran tersebut, Kementerian Pertanian mendapat penghargaan Juara I  kategori Lembaga Pemerintah, Institusi riset serta LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Juara II dan III berturut-turut diraih oleh Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Transmigrasi dan Tenaga Kerja, sementara Juara Harapan I dan II diraih oleh CIFOR dan Yayasan Bina Usaha Lingkungan. Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diterima Kementerian Pertanian, sejak ikut partisipasi di event pameran tersebut mulai tahun 1999, yang pertama tahun 2010 sebagai juara I dengan kategori dan kriteria yang sama.

Menurut dewan juri yang beranggotakan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Universitas Indonesia dan Pemerhati Lingkungan, penghargaan juara I diberikan kepada Kementerian Pertanian karena informasi visual yang ditampilkan memenuhi kriteria, yaitu adanya keserasian dan kesesuaian tema materi pameran, seperti tema utama, poster visual dan informasi yang ditampilkan mengacu kepada tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dikeluarkan  Badan Perserikatan Bangsa Bangsa, yaitu UNEP (United Nations Envirotment Programme) yaitu ”Forests : Nature At Your Service”, dimana tema Nasional di Indonesia menjadi ”Hutan Penyangga Kehidupan,” disamping itu juga materi yang ditampilkan mengacu kepada upaya sektor pertanian mengurangi dampak perubahan iklim atau gas rumah kaca. Penghargaan yang diberikan oleh dewan juri ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Kategori pemerintah pusat, LSM, dan institusi riset, Kategori pemerintah daerah (Propinsi dan Kabupaten), dan Perusahaan BUMN dan Swasta, serta Kategori eco creatif. 

Peserta pameran dari kategori lembaga pemerintah, institusi riset dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), terdiri dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Pertanian, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan (BKPSL) Indonesia, Yayasan Bina Usaha Lingkungan, WALHI, The United Nations Information Centre (UNIC),  serta Kementerian Riset dan Teknologi. 

Dengan keikutsertaan Kementerian Pertanian pada pameran ini diharapkan masyarakat dapat menggali lebih banyak program-program pengelolaan pertanian berkelanjutan penyangga kehidupan. Temayang di usung dari Kementerian Pertanian adalah ”Pertanian Ramah Lingkungan Penyangga Kehidupan.”
Sumber Berita: Biro Hukum dan Informasi Publik – Sekretariat Jenderal

0 komentar:

Posting Komentar