Sabtu, 29 Oktober 2011

Filled Under:

Pengelompokan Zat-zat Gizi di dalam makanan

Share
Pengelompokan Zat-zat Gizi di dalam makanan.Antara lain adalah :
A. zat gizi sumber energi
diperlukan energi untuk mempertahankan fungsi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, peredaran darah, persyarafan, pernapasan, gerak otot sehingga atlet dapat berlatih dan menjaga konsisi tubuh setelah bertanding. Energi ini didapat dari zat hidrat arang, lemak, dan protein yang dikomsumsi melalui makanan.
Pada keadaan istirahat, dimana tidak ada kerja atau aktifitas fisisk tidak ada tekanan emosi (denyut jantung normal) tetapi organ-organ tubuh (jantung, hati, otak, dan jaringan-jaringan syaraf) tetap berfunsi normal, maka diperlukan energi sebesar 1Kkl\KgBB\jam, yang berarti, seseorang dengan berat badan 60 Kg didalam sehari (24) jam memerlukan energi basal sebesar 1 Kalori x 60 x24= 1.440 Kkl
Kebutuhan energi akan bertambah jika seseorang melakukan kegiatan fisik, pergerakan otot. Besarnya kebutuhan energi tergantung pada kegiatan atau aktifitas. Apabila denyut jantung melebihi normal maka, kebutuhan energi akan bertambah.
B. Zat gizi pembangun tubuh
Zat gizi protein sebagai zat pembangunan tubuh sangat diperlukan untuk membentuk struktur tubuh, terutama dalam pembentukan jaringan baru, juga pembentukan enzim, hormone, dan anti biotibodi.
Kecakupan protein seorang atlet tergantung pada
  • Umur
  • Cabang olahraga
  • Mutu protein
Seorang atlet remaja yang masih dalam pertumbuhan memerlukan protein untuk pembentukan jaringan dan pertumbuhan. Sedangakan atlet remaja memerlukan protein ynag lebih banyak dibandingakan dengan atlet seorang dewasa yang tidak bertumbuh lagi, tetapi memerlukan protein utnuk membentuk struktur jaringan tubuh. Selain protein, untuk pembangunan tubuh juga diperlukan air, karena 60-70% tubuh manusian terdiri dari air
C. Zat gizi pengatur
Untuk mengatur jalanya metabolisme di dalam tubuh, diperlukan vitamin dan mineral yang banyak didapat dari sayur-sayuran berwarna hijau dan juga pada buah-buahan barwarna kuning dan merah.
Dengan mengkomsumsi sayur dan buah, selain mendapatkan vitamin dan mineral didapat juga serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, dengan adanya serat, tubuh tetap merasa kenyang, terjadi pergerakan usus dan akan memperlancar buang air besar. Berarti mengkomsumsi buah-buahan dan sayuran, mutlak diperlukan seseorang untuk sehat.
Demikianlah ulasan tentang pengelompokan zat-zat Gizi di dalam makanan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

tag : pengelompokan zat gizi , pengelompokan gizi , zat-zat gizi , zat gizi , zat-zat makanan , ilmu gizi , pengelompokkan zat gizi , zat gizi dalam makanan , gizi pada makanan , pengelompokan makanan

0 komentar:

Posting Komentar